logo blog
Selamat Datang Di Ngeblog-Bareng
Terima kasih atas kunjungan Anda di Ngeblog-Bareng,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Makanan Dan Minuman Penyebab Bau Mulut

Makanan Dan Minuman Penyebab Bau Mulut - halo sahabat semua. gimana nih kabar kalian. semoga selalu dalam keadaan baik-baik saja dan selalu diberi kesehatan lahir batin.. Amin. pada kesempatan kali ini saya sedikit akan berbagi tentang kesehatan mulut. lebih tepatnya tentang bau mulut.

Bau Mulut

Bau mulut adalah sesutu yang paling kita tidak sukai, selain itu bau mulut juga akan membuat kita tidak percaya diri dan saat berbicara kita pasti akan amat merasa tidak nyaman. Tentu kalian semua tidak mau donk mengalami hal-hal seperti itu. oleh karena itu kita di haruskan selalu untuk merawat kesegaran dan kesehatan mulut kita agar tidak bau.

Nah terlepas dari menjaga kesehatan dan kesegaran bau mulut, kita juga harus tau penyebab bau mulut tersebut. biasanya sih karena makanan atau minuman yang kita konsumsi yang menyebabkan bau mulut tidak sedap. banyak makanan dan minuman yang bisa menyebabkan terjadinya bau mulut yang tidak sedap, di antaranya adalah sebagai berikut :

  • 1. Susu dan produk turunannya
    Susu dan produk turunannya mudah menempel pada gigi dan mulut kita sehingga menjadi sasaran empuk bagi bakteri untuk berkembang biak. Selain itu, sebagian orang tidak mampu mencerna susu dengan baik karena intoleransi laktosa. Inilah yang memicu timbulnya bau mulut. Solusi untuk masalah ini cukup aneh, karena untuk memusnahkan bau mulut akibat susu, kita perlu konsumsi produk turunan susu pula, khususnya yang mengandung prebiotik, misalnya yogurt. "Bakteri baik akan membantu tubuh untuk mencerna makanan," ujar Mallonee.
  • 2. Alkohol dan minuman berenergi
    Alkohol dan minuman berenergi dapat menyebabkan dehidrasi, artinya kadar liur kita pun menurun. Padahal air liur merupakan pemusnah alami bakteri penyebab bau mulut. Menurut Lisa Harper Mallonee, profesor di Texas A&M University, Baylor College of Dentistry mengatakan, minum air elektrolit bisa mengurangi dampaknya. Namun kadar asam yang dikandungnya juga bisa menyebabkan mulut kering. Solusi yang terbaik adalah dengan banyak air putih.
  • 3. Permen
    Nah ini penting buat peringatan untuk anak kecil, Permen tidak hanya menyebabkan gigi keropos, namun permen juga memberikan bau tidak sedap pada mulut. Bercampur dengan gula, bakteri di mulut akan melepaskan senyawa sulfur yang menimbulkan bau. Mallonee mengatakan, untuk mencegahnya, segeralah sikat gigi setelah makan permen.
  • 4. Daging merah
    Daging merah mengandung banyak protein yang diperlukan tubuh kita, sayangnya, makanan ini juga menyumbang bau tidak sedap di mulut. Berbeda dengan yang lainnya, meskipun juga tinggi protein namun tidak terlalu meninggalkan bau, seperti daging ayam atau ikan. Solusi yang bisa dilakukan, antara lain yaitu dengan mengunyah permen karet karena dapat meningkatkan produksi liur. Selain itu, pemanis yang ada di dalam permen karet seperti xylitol juga terbukti dapat membunuh bakteri.
Nah itulah beberapa Makanan Dan Minuman Penyebab Bau Mulut yang kadang tidak kita sadari atau tidak kita ketahui. semoga dengan membaca arrtikel di atas kita bisa sedikit menjaga kesehatan dan kesegaran mulut kita agar kita selalu pede saat berbicara dengan orang lain tanpa harus ada rasa malu lagi. (ref : http://health.kompas.com/read/2014/05/02/1708315/4.Makanan.Tak.Terduga.Penyebab.Bau.Mulut)

Enter your email address to get update from Ngeblog-Bareng.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

32 komentar

Iya susu, jika aku habis minum susu, bau mulutnya sungguh luar biasa.

Balas

Saya mencet apa ya ko di direc ke game he....
Jengkol dan Petai ngak termasuk Mas :)

Balas

wah permen juga ternyata bisa menyebabkan bau mulut ya mas, untung saya jarang banget makan permen mas :)

Balas

masa permen bisa menyebabkan bau mulut juga mas? saya malah kalo mau menghilangkan bau mulut makan permen. rela*a gitu..ha ha u

Balas

Wah kalo di hindari yo malah repot ntar. Itu makanan dan minuman kan enak enak. Yang penting rajin gosok gigi aja ..

Balas

wew, kok permen masuk juga ya, padahal kan biasanya sebaliknya...???

Balas

wah...saya tiap kali sarapan selalu makan daging merah, udah kebiasaan seh...:D
tapi mulut saya selalu semerbak...kata ibunya mah

Balas

wah, padahal saya suka banget sob ama yang poin 1 dan 4 hahahahahaha

Balas

Terkadang makanan yang enak dan nikmat bisa juga membuat
Bau mulut yang kurang enak yah Mas Nady. makasih atas infonya Mas

Balas

Untungnya saya gak suka minum susu jadi
Bisa mengurangi penyebab bau mulut yah Mas Nady :)

Balas

ada lagi mas nady,,,,makan apapun tpi tidak gosok gigi setelah tu...djamin langsung mak prengus :D

Balas

Makan bawang juga bisa bikin bau, Bang :D

Balas

kalau yang cap nona ya dah pasti mas whahahahaha

Balas

kalau yang cap nona saya belum pernah coba mas. enak apa nggak.. dari kecil saya sudah di kasih kopi hahahaha :D

Balas

hahaha itu kerjaan iklan mas.. saya salah setting. kalau sekarang sudah normal kan mas...?

Balas

iya mas... hati hati juga jangan suka sama supermen juga loh hehehehe :D

Balas

awal atau sesudah makan mungkin masih bau permen mbak. tapi nanti kalau bau permennya habis akan timbul bau mulutnya mbak...?

Balas

tidak perlu di hindari mas.. cukup di bersihkan saja setelah mengkonsumsi makanan di atas.. hehehe :D

Balas

iya mas.. harus di bersihkan setelah memakan permen mas.. hehehe

Balas

wah kang lembu makanannya enak enak terus yah.. hehehe nggak papa kang.. asal sehabis makan di bersihkan saja hehehe :D

Balas

iya mas ikutan permennya, kan kemarin saya ajak mas wkwkwkwk :D

Balas

walah sama kalau gitu mas.. ya nggak masalah mas.. yang penting kan di bersihkan setelah mengkonsumsinya hehehe

Balas

iya mas saud.. oke deh mas sama-sama... :D

Balas

sip bener banget tuh... emang pada intinya kebersihan nomor satu ya mas...?

Balas

iya mbak beb. makan bawang memang juga bisa menyebabkan bau mulut.. tapi sifatnya hanya sementara mbak hehehe :D

Balas

tapi lumayan lho, buat ngusir nyamuk pergi

Balas

sepertinya bukan mengusir deh mas.. tapi membunuh wkwkwkwkwkwk :D

Balas

Kalau kemasan susu lebih banyak di sukai dari pada susunya ya Kang ? ha,, ha,, ha,,, :D

Balas

Makan-makanan itu saya tidak sanggup menghindarinya Mas, tapi kalau coba merawat dengan memberihkan gigi dan mulut oke lah. Maklum salah satu hobi dan kebutuhan saya adalah makan dan minum kecuali alkohol dan yang berbahaya Mas. :D

Salam

Balas

kemasan susu yang mana mas.. ada dua jenis mas.. yang flexsibel dan yang kalengan hahhahaha :D

Balas

wah harus dihindari nih makanan dan minuman tsb ya mas, biar mulut bau nya wangi :D

Balas

Peraturan Berkomentar :
1. Dilarang melampirkan link aktif
2. Dilarang menampilkan link nonaktif

Copyright © 2013. Ngeblog-Bareng - All Rights Reserved Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger