logo blog
Selamat Datang Di Ngeblog-Bareng
Terima kasih atas kunjungan Anda di Ngeblog-Bareng,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Hal Yang Tidak Membatalkan Puasa

Hal Yang Tidak Membatalkan Puasa




Assalamu'alaikum sahabat blogger tercinta.. semoga dalam keadaan baik baik saja ya..? Aminnn

Kali ini saya akan sedikit memberi penjelasan tentang Hal-Hal yang sebenarnya tidak membatalkan puasa. Dan hal-hal berikut sering menjadi bahan perdebatan di masyarakat awam.

Berikut Hal-Hal yang sebenernya tidak membatalkan puasa :

1. Apakah berkumur-kumur
dapat membatalkan puasa..?

TIDAK, berkumur-kumur dengan air putih sangat dianjurkan apalagi niatnya untuk wudu, yang membatalkan adalah berkumur kumur dengan es buah, es kelapa muda, kuah Pempek, dsb. *hahahahahahaha

2. Apakah mencicipi masakan
dapat membatalkan puasa..?

TIDAK, selama tidak ditelan dengan sengaja, TAPI… Kalau mencicipi masakan sampai habis sepanci penuh, itu baru membatalkan puasa.

3. Apakah benar tidurnya orang
berpuasa bernilai pahala..?

BENAR, asal seperlunya, karena yang terbaik adalah mengisinya dengan amal ibadah, TAPI… puasa Sobat akan batal apabila tidur di awal bulan Ramadan dan terbangunnya……di bulan Syawal.

Nah itulah beberapa Hal yang tidak membatalkan puasa yang sering menjadi perdebatan para masyarakat awam.. semoga postingan ini bisa menjadi sedikit penjelasan tentang itu semua.. amin... wassalam......
Enter your email address to get update from Ngeblog-Bareng.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

31 komentar

Tidur di awal bulan ramadhan dan terbangun di bulan syawal yang sudah wassalam namanya. Kreatif juga bikin orang ketawa. Pengen deh bisa nulis yang bikin orang tertawa.

Balas

@Jos Bloko : hahaha... gampang kok mas.. yang penting tenang pikirannya.. pasti bisa nemu hal hal yang lucu untuk di tulis.. hehehehe

Balas

Hmmmm makasih Sob informasinya...

Balas

kalau keluar sperma saat tidur batal apa tidak mas

Balas

kalau ngabisin sepanci penuh itu namanya nyicipi ala rakus.wkwkwkwk.
nais info gan. selamat menunaikan ibadah puasa

Balas

Nyebur di kolam, sungai, laut dan semacam nya membatal kan puasa :)

Balas

Terima kasih infonya Mas Nady, ternyata hal2 tersebut tidak membatalkan puasa, asal tidak ada maksud tertentu..:)

Balas

@Bang Ancis : oke sob. sama sama

@Agus Setya : menurut saya tidak batal mas.. lagian kita tidak sengaja untuk mengeluarkannya.. tapi harus cepet2 zhinabat.

@yanuar catur : sama sama mas.. selamat menunaikan ibadah puasa juga.

@Etika Maria : ya nggak lah mbak.. tapi jangan terlalu lama di dalam air.. karena nanti lubang di tubuh kita bisa kemasukan air.. dan batal dech..

@Boku no Blog : selain tidak ada maksud tertentu, namun juga harus hati2 menjaga puasa kita mas....

Balas

Sob,kok jadi lucu gitu hal-halnya itu jadi lucu sob ,haha :)

Balas

Terima kasih Mas mudahan jadi informasi yang bermanfaat dibulan puasa ini.

Balas

walau gak membatalkan, gak berarti boleh dilakukan berulang2 dg sengaja di luar kebiasaan loh ya. walau gak membatalkan, mesti dijaga jangan sampe pahala ibadah ramdhannya hilang

Balas

Bermanfaat ditambah kocak itu yang paling aku suka dari postingan di blog Mas Nadi ini.

Balas

kalau tidurnya dengan wanita terus keluar gimana mas ?

Balas

Memang benar mas, ketiga hal yang disebutkan diatas selalu menjadi perdebatan di masyarakat. Ada yang bilang boleh, dan ada pula yang bilang tidak boleh.

Kalau menurut saya sich untuk bersikap hati-hati, sebaiknya tidak melakukan hal itu, misalnya mencicipi masakan, dan berkumur disiang hari. Kalau tidur saya rasa malah lebih baik mas saat berpuasa daripada berbuat maksiat. Benar tidak? Tapi lebih baik beribadah dari pada tidur. :)

Thanks mas Nadi atas pnecerahannya :)

Balas

hahaha
Habis sepanci bukan nyicipin namanya. Tapi kelaparan banget itu.

Balas

kayaknya saya kenal sama gambar itu ahaha..


kalo kermas di siang hari?!.

Balas

kalau ngentut dalam air bagaimana sob.

Balas

Memberi juga bikin batal, memberi, ilang deh hausnya

Balas

hehehehe,,,,,,
semoga kita semua dpat puasa penuh alias g bolong

Balas

Absen dulu ya gan :D hadir nih.. makasih banget buat sharingnya.. jadi lebih tahu :)
jangan lupa mampir ya diblog saya :)

Balas

sob,, slah satu yg membatalkan puasa kan "memasukkan sesuatu kedalam rongga terbuka" ..
no. 1 dan 2 nya kan termasuk tuh..

Gimna tuh penjelasannya..??

Balas

mas nady tidur ya , bangunnya jangan pas hari raya lho mas batal puasanya

Balas

klo nyicipin 2 sendok batal ga mas? xixixi..

Balas

wkwkwk.. mungkin ini ungkapan dari pengalaman dari Mas Nady hhaaha

Balas

kalo ngiler pas tidur siang apakah bisa membatalkan sob :D hhehehe

Balas

ngupil juga gak membatalkan puasa sob ^_^

Balas

kalo pacaran membatalkan puasa gak sob?

Balas

wajib d tau nih buat org awam..gue mah gak lagi bang hehehe..peace :D

komen back yeee

Balas

asal jangan tiduran sepanjang hari aja

Balas

Peraturan Berkomentar :
1. Dilarang melampirkan link aktif
2. Dilarang menampilkan link nonaktif

Copyright © 2013. Ngeblog-Bareng - All Rights Reserved Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger